Logika Fuzzy

by - 15.21

Assalamualaikum... semangat pagi di hari yang kurang bersemangat... Kali ini saya akan membahas sedikit tentang pelajaran Logika Fuzzy. Bicara soal logika fuzzy mungkin bagi orang yang belum kenal dengan logika ini pasti akan menganggap logika fuzzy itu sangat rumit dan sangat tidak menyenangkan. Namun, sesekali orang mengenalnya mungkin akan langsung jatuh cinta dengan yang namanya logika fuzzy. buktinya saya sudah muali measakan kecintaan saya kepada logika fuzzy. logika fuzzy itu bisa dikatakan sebagai logika baru yang lama, sebab ilmu logika fuzzy modern dan metodis baru ditemukan beberapa tahun yang lalu, sebenarnya logika fuzzy itu sendiri sudah ada sejak lama.

Sebelum belajar kelogika fuzzy kita harus tahu dulu apa itu logika fuzzy, jadi logika fuzzy terdiri dari dua kata. logika adalah suatu ilmu yang mempelajari kaidah-kadah yang bisa di terima oleh akal manusia, sedangkan Fuzzy adalah logika yang samar atau abau-abu yang dapat di terima oleh akal manusia dan dapat di pertanggung jawabkan.

Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input kedalam suatu ruang output.Contohnya :
-> Anda mengatakan kepada saya seberapa sejuk ruangan yang anda inginkan,saya akan mengatur putaran kipas yang ada pada ruangan ini.

Selanjutnya adalah alasan mengapa logika fuzzy di gunakan. iya tentunya setiap apa yang kita butuhkan atau pelajari pasti membutuhkan alasan, jadi alasannya sebagai berikut :
1. Konsep dari logika fuzzy itu mudah dimengerti. karena konsep matematis yang mendasari dari penalaran logika fuzzy itu sangat sederhana dan mudah di mengerti.
2. Logika Fuzzy sangat fleksibel
3. Logika Fuzzy memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat.
4. Logika Fuzzy mampu memodelkan fungsi-fungsi nonlinear yang sangat kompleks.
5. Logika Fuzzy dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman para pakar secara langsung tanpa mengikuti peatihan.
6. Logika Fuzzy dapta bekerjasama dengan teknik kendali secara konvesional.
7. Logika Fuzzy didasarkan pada bahasa alami.

setela membaca alasannya pasti kalian akan bertanya, logika fuzzy akan digunakan untuk apa?, jika saya belajar logika fuzzy apa bermanfaat?.jadi Logika fuzzy itu bener-bener di butuhkan, contohnya saja aplikasi yang dibuat menggunakan logika fuzzy itu, Mesin cuci, kereta bawa tanah, seperti di kedikteran sistem yang mendiagnosa penyakit pada pasien dan lain sebagainya.. Sekian pengantar dan pengingat dari saya, jika minat silahkan beajar :)

You May Also Like

0 komentar